Contoh Proposal Dan Skripsi





PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2
KARTASURA TAHUN AJARAN
2009/2010



SKRIPSI

Disusun Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat Guna Memperoleh
Gelar Sarjana S1 Program Studi Biologi






















Disusun oleh: RENDRIASTIKA LISTIYOWATI
A 420 060 049






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2010





BAB I

PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang

Proses belajar mengajar hakikatnya adalah proses komunikasi, dimana guru  berperan  sebagai  pengantar  pesan  dan siswa  sebagai  penerima  pesan. Pesan yang dikirimkan oleh guru berupa isi/materi pelajaran yang dituangkan kedala simbol-simbol   komunikas baik   verba (kata-kat dan   tulisan) maupun nonverbal. Selama proses komunikasi terkadang terjadi hambatan, artinya tidak selamanya pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan mudah diterima  oleh penerima  pesan.  Terkadang  pesan  yang diterima  tidak  sesuai dengan  maksud  yang  disampaikan.  Ini  yang  dimaksud  dengan  kesalahan dalam komunikasi.
Menurut Wina Sanjaya (2008), proses pembelajaran sangat tergantung pada  guru  sebagai  sumber  belajar.  Dalam  kondisi  semacam  ini,  akan  ada proses  pembelajaran  manakala  ada  guru,  tanpa  ada  guru  di  dalam  kelas sebagai sumber belajar tidak mungkin ada proses pembelajaran. Pada saat ini, ketika ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat, proses pembelajaran tidak lagi dimonopoli oleh adanya guru di dalam kelas. Siswa dapat  belajar  di  mana  dan  kapan  saja.  Siswa  bisa  belajar  apa  saja  sesuai dengan minat dan gaya belajar. Seorang desainer pembelajaran dituntut untuk dapamerancang  pembelajaran  dengan  memanfaatkan  berbagai  jenis  media dan sumber belajar yang sesuai agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien.





Pemakaia medi pengajara dalam   prose pembelajara dapat membantu perkembangan kreativitas guru sebagai pendidik dan murid sebagai subjek   belajar.   Pertama,   guru   dapat   memikirkan   berbagai   cara   untuk menyajikan  pelajaran  dengan  menggunakan  media pengajaran.  Kedua, guru dapat menyajikan berbagai topik pelajaran lebih hidup dan menarik sehingga meningkatka kebermaknaanny bahan   terhadap   subjek   belajar.   Melalui media pengajaran,  guru dapameningkatkan  kompetensi  pengajaran.  Media pengajaran  dapat  mengoptimalkan  cara  guru  berkomunikasi  dengan  murid secara  efektif.  Pemakai  media  pembelajaran  dalam proses  belajar  mengajar dapa membangkitkan   keingina dan   mina yang   baru,   membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa (Hamalik, 1986 dalam Azhar Arsyad, 2003).
Salah satu media pembelajaran sebagai alternatif utama adalah media gambar  yang  dapat  mengarahkan  perhatian  mereka  kepada  pelajaran  yang akan diterima. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat  isi  pelajaran  semakin  besar.  Menurut  Sardiman  (1996),  dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan  belajar,  sehingga  tujuan  yang  dikehendaki  olesubjek  belajar  itu dapat tercapai. Untuk membantu meningkatkan  motivasi belajar siswa maka guru  menggunakan  media  gambar  sebagai  alternatif  utama  dalam  proses belajar mengajar.





Penelitian tindakan kelas adalah jenis penelitian tindakan yang sumber permasalahannya berasal dari proses pembelajaran di kelas dan dirasakan langsung oleh guru yang bersangkutan sehingga sulit dibenarkan jika ada anggapan bahwa permasalahan  dalam penelitian tindakan kelas muncul dari rekayasa peneliti. Dalam penelitian tindakan kelas peneliti atau guru dapat melihat sendiri praktik pembelajaran atau bersama guru lain dapat melakukan penelitian  terhadap  siswa  dilihat  dari segi aspek  interaksinya  dalam  proses pembelajaran. Guru secara reflektif dapat menganalisis, mensintesis terhadap apa yang telah dilakukan di kelas. Dalam hal ini berarti dengan melakukan penelitian tindakan kelas, pendidik dapat memperbaiki praktik-praktik pembelajaran sehingga menjadi aktif. Salah satu upaya meningkatkan keberhasilan pendidikan biologi di SMP adalah dengan menggunakan media gambar sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar (Supardi, 2007).
Media  gambar  merupakan  salah  satu  media  yang  dapat  dijadikan pilihan karena merupakan media grafis yang tidak diproyeksikan yang mengandung  materi  visual  daverbal  (Prawoto,  1989).  Pemilihan  media gambar yang digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian pokok bahasan organisasi kehidupan dikarenakan dalam pokok bahasan tersebut banyak dijumpai  adanya  gambar  yang  menarik  apabila  disampaikan  tidak  hanya melalui khayalan ataupun kata-kata tetapi dihadirkan secara langsung melalui medigambar.  Pokok  bahasan  organisasi  kehidupan  dipilih  dikarenakan dalam penyampaian  materi dengan menggunakan  media gambar  akan lebih mudah  disampaikan  dan  mudah  dipahami  oleh  siswa.  Siswa  akan  lebih





termotivas dalam   kegiata belaja mengajar   denga adany gambar. Penggunaan gambar dalam pokok bahasan tersebut mampu meningkatkan keingintahuan siswa akan materi yang diajarkan tersebut sehingga mampu memperkuat  daya ingat siswa.  Dalam  pokok  bahasan  organisasi  kehidupan terdapat materi yang sebagian besar memerlukaadanya penggunaamedia gambar.   Guru   selain   menjelaskan   secara   teori   tentang   materi   dapat menunjukkan   gambarny sehingga   siswa  lebih  tertarik  untuk  mengikuti pelajaran tersebut.
Media gambar dikenal oleh setiap guru dan dipakai sebagai media pembelajaran untuk memperjelas pengertian tentang sesuatu. Gambar sangat menarik perhatian siswa. Mereka dapat mempelajarinya secara mendalam disamping dapat menikmatinyaGambar dapat menunjukkan pokok masalah secara lebih baik dibandingkan dengan media verbal. Ia dapat menembus batas ruang  dawaktu,  dapat  mengatasi  keterbatasan  pengamatan,  dapat memperjelas   masalah  dan  sangat  murah  harganya  (Cece  Wijaya,  1991). Untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan organisasi kehidupan, salah satunya guru harus memanfaatkan media gambar yang bervariasi. Pokok bahasan  organisasi  kehidupan  merupakan  suatu  pembelajaran  yang mempelajari  tentang organel sel, macam-macam  jaringan,  organ dan sistem organ. Adapun tujuan dari pembelajaran pokok bahasan organisasi kehidupan adalah agar siswa   mengetahui gambar dari organel sel, jaringan, organ dan sistem  organ  melalui  diskusi  kelompok  serta  dapat  menjelaskan  fungsinya





masing-masing.  Salah  satu  upaya  untuk  mencapai  tujuan  pembelajaran  ini adalah dengan memanfaatkan media gambar.
Berdasarkan  penelitian  terdahulu  yang  dilakukan  oleIda Muslikah (2008),  yaitu  tentang  adanya  peningkatan  hasil  belajar  siswa  padpokok bahasan  pencernaan  melalui  penggunaan  Chart  dan  model  dalam pembelajaran  pada kelas VIII SLTP N 3 Kartasura  tahun ajaran 2007/2008 diperoleh  hasil  berupa  peningkatan  nilai  siswa  yang  dari  rata-rata  66,88 menjadi 87,75. Selain itu motivasi belajar biologi siswa juga meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mempunyai inisiatif untuk melakukan  penelitian  serupa tetapi dengan subyek, obyek dan konsep yang berbeda sehingga diharapkan diperoleh hasil akhir yang lebih baik dan memuaskan.  Untuk  itu, peneliti  tertarik  melakukan  penelitian  dengan  judul “PEMANFAATAN    MEDIA    GAMBAR    UNTUK    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010”.



B.  Pembatasan Masalah

Untuk   mempermuda dala pemahama masalah   yang   hendak dibahas dalam penelitian ini dan juga mempermudapelaksanaan penelitian maka perlu adanya pembatasan masalah sebagai berikut:





1 Subjek Penelitian

Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  VIID  SMP  Negeri  2

Kartasura tahun ajaran 2009/2010.

2 Objek Penelitian

Objek  dalam  penelitian  ini adalah  pembelajaran  biologi  pokok  bahasan organisasi kehidupan dengan menggunakan media gambar



C.  Perumusan Masalah

Berdasarkan  latar  belakang  masalah  dan  pembatasan  masalah  maka dapat dirumuskan suatu permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut: Bagaimanpengaruh pemanfaatan  media gambar dalam meningkatkan  hasil belajar  biologi  siswa  kelas  VIID  SMP  Negeri  2  Kartasura  tahun  ajaran
2009/2010?




D.  Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media  gambar  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  biologi  pada  siswa  kelas VIID SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2009/2010



E.  Manfaat Penelitian

Suatu penelitian akan bernilai jika dapat memberikan manfaat bagi sebagian pihak. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:





1 Manfaat Teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman tentang penggunaan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran biologi.
2 Manfaat Praktis

a.   Bagi  sekolah,  dapat  digunakan  sebagai  acuan  dalam  menyediakan media pembelajaran khususnya media pembelajaran biologi demi tercapainya ketuntasan belajar siswa
b.   Bagi  guru  mata  pelajaran  biologi,  dapat  digunakan  sebagai  pilihan dalam pemilihan  media pembelajaran  yang baik agar proses pembelajaran  menjadi  menarik,  tidak  monoton  dan  dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Ditulis Oleh : Mochamad Saeffulloh // Jumat, Mei 25, 2012
Kategori: