Silabus Biologi SMA Kelas XI, KD (3.3) dan (3.4) – MOCHAMAD SAEFFULLOH 3C



SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tingkat Satuan Pendidikan       : SMA / MA

Mata Pelajaran                         : Biologi

Kelas /  Semester                       :  XI (Sebelas) / II
Standar Kompetensi                     :   3.  Menjelaskan Struktur Dan Fungsi Organ Manusia Dan Hewan Tertentu , Kelainan/Penyakit Yang Mungkin Terjadi Serta Implikasinya Pada Salingtemas
Alokasi Waktu                          :  34 X 45 Menit



Kompetensi Dasar

Kompetensi Sebagai Hasil Belajar

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.3     Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)






































3.4     Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalya burung)
























·      Membuat peta konsep sistem pencernaan makanan  manusia
·      Melakukan pengujian kandungan gizi pada bahan makanan
·      Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·      Menggambar struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata
·      Membandingkan struktur sistem pencernaan makanan  pada berbagai hewan vertebrata
























·      Membuat peta konsep sistem pernapasan manusia
·      Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia.
·      Membedah hewan untuk diamati sistem pernapasan nya
·      Menggambar struktur sistem  insang dan trakea
·      Mengukur volume udara pernapasan
















Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan




























Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan




















Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil




































Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil




























·    Zat gizi dan fungsinya bagi manusia
·    Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
·    Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:
1. Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar
2. Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas,  kelenjar usus
·    Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
·    Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak)
·    Brbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.



·    Organ-organ dan fungsinya  pada sistem pernapasan manusia meliputi:
1.  Hidung
2.  Saluran pernapasan
3.  Paru-paru
·    Mekanisme  pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia
·    Volume-volume udara yang dipernapaskan
·    Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·    Sistem pernapasan  pada hewan vertebrata
·    Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia


·      Praktek menguji makanan
·      Praktek tentang enzim dan kerja enzim
·      Mengidentifikasi sistem pencernaan makanan manusia
·      Mengamati sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata






































·    Mengidentifikasi struktur dan fungsi pada sistem  pernapasan manusia
·    Mengukur volume udara pernapasan
·    Mengamati sistem respirasi ikan dan serangga


























·      Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana
·      Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh
·      Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·      Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
·      Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar.
·      Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata




·      Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia
·      Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia
·      Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·      Menjelaskan proses pertukaran gas
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
·      Mengamati sistem pernapasan  pada  hewan vertebrata
·      Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata

·    Jenis tagihan:
1. Laporan praktikum pengamatan enzim
2. Laporan praktikum uji makanan
3. Uji kompetensi tertulis
·    Instrumen penilaian:
1.Lembar penilaian laporan praktikum
2.Soal uji kompetensi tertulis
3.Uji kompetensi tertulis





























·    Jenis tagihan:
1. Laporan praktikum pengamatan sistem pernapasan pada ikan dan serangga
2. Uji kompetensi tertulis
·    Instrumen penilaia:
1.Lembar penilaian laporan  hasil praktikum
2.Soal uji kompetensi tertulis














5 x 45 menit


















































5 x 45 menit



































·   Buku kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis
·    Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·    Beberapa bahan makanan
·       Tabung reaksi
·    Rak tabung reaksi
·    Pembakar spiritus
·    Regen biurat, iod, dan benedict
  

















·    Buku kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis
·    Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VII
·    Ikan dan kecoa














































Mengetahui,
Kepala SMA ……………………






(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Biologi






(_________________________)
NIP/NIK : ....................................