RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran          :  Biologi
Kelas / Semester         :  XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                 :  1, 2, dan 3
Alokasi Waktu           :  5 jam pelajaran
Standar Kompetensi :  3.   Menjelaskan
struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang
mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar     :  3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Tujuan                       :  Siswa
dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
terjadi pada sistem pencernaan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“  Karakter siswa yang diharapkan 
:  
§ 
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan. 
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif  
:  
I.    Indikator
Pencapaian Kompetensi
·        
Menentukan
kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan
sederhana
·        
Mengidentifikasi
zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh. 
·        
Menghubungkan  struktur dan 
fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia
·        
Menjelaskan
proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan
makanan manusia.
·        
Menjelaskan
proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar
·        
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata
II.  Materi
Ajar
o  
Zat
gizi dan fungsinya bagi manusia
o  
Cara
menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
o  
Organ-organ
pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi: 
1.   Saluran pencernaan: mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar
2.   Kelenjar pencernaan: lambung,
hati, pankreas, kelenjar usus
·        
Proses
pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
·        
Sistem
pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia
(memamah biak)
·        
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
III. Metode Pembelajaran
·        
Diskusi-Pengamatan-Penugasan
Strategi Pembelajaran 
| 
Tatap Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·    
  Praktek
  menguji makanan 
·    
  Praktek
  tentang enzim dan kerja enzim 
·    
  Mengidentifikasi
  sistem pencernaan makanan manusia 
·    
  Mengamati
  sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata | 
·    
  Membuat
  peta konsep sistem pencernaan makanan 
  manusia 
·    
  Melakukan
  pengujian kandungan gizi pada bahan makanan 
·    
  Mengidentifikasi
  komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia. 
·    
  Menggambar
  struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata 
·    
  Membandingkan
  struktur sistem pencernaan makanan 
  pada berbagai hewan vertebrata | 
·    
  Siswa
  dapat Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan
  menggunakan uji makanan sederhana 
·    
  Siswa
  dapat Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan
  fungsinya bagi tubuh 
·    
  Siswa
  dapat Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan
  makanan manusia. 
·    
  Siswa
  dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ
  sistem pencernaan makanan manusia. 
·    
  Siswa
  dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan
  menggunakan gambar. 
·    
  Siswa
  dapat Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan
  vertebrata | 
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan
yang biasa dimakan siswa.
·        
Siswa
mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan.
·        
Guru menjelaskan
bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan Kegiatan 6.1. Tes
bahan makanan.
·        
Guru
meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan.
B.  Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru mendemonstrasikan
pengujian dengan benedict, iod, dan biuret untuk reaksi positif yang
dihasilkan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Siswa
melakukan tes terhadap beberapa bahan makanan yang tersedia dengan tes
benedict, iod, dan biuret. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·        
Siswa
mencatat hasil pengujian, kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat
dalam bahan makanan tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·        
Siswa
mengembalikan alat dan bahan yang digunakan dan membersihkan meja kerja. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan
fungsinya bagi tubuh. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan
akhir (10 menit)
·       
Siswa
bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·       
Siswa
mengumpulkan laporan hasil praktek. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3.
·        
Siswa
mengambil alat dan bahan praktikum.
B.  Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Siswa
melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab
pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
·        
Dengan
diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang
terjadi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Siswa
bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan
makanan manusia.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
·        
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 3 (1 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (5 menit)
·        
Guru
meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem
pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel
perbandingan.
B.  Kegiatan
inti (35 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Siswa
membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada
hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada
hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·        
Dengan
diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta
mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem
pencernaan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan
akhir (5 menit)
·        
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan
vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan
manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
IV. Alat/Bahan/Sumber
·        
Buku
Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono Ps , Esis
·        
Buku
Biologi jilid XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·        
Beberapa
bahan makanan
·        
Tabung
reaksi
·        
Rak
tabung reaksi
·        
Pembakar
spiritus
·        
Regen
biuret, iod, dan benedict
V.  Penilaian
            ·    Laporan
hasil praktik uji makanan
            ·    Laporan
hasil praktik enzim dan kerja enzim
            ·    Uji
kompetensi tertulis
                                                                                              ...............,...................20....
Mengetahui
Kepala SMA                                                                        Guru
Mata Pelajaran
.............................................                                                 ............................................
NIP/NIK.                                                                             NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran          :  Biologi
Kelas / Semester         :  XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                 :  4, 5, dan 6
Alokasi Waktu           :  5 jam pelajaran
Standar Kompetensi :  3.   Menjelaskan
struktur dan fungsi organ manusia  dan
hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada
Salingtemas
Kompetensi Dasar     :3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi,  dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung)
Tujuan                       :        Siswa
dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta   kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem
pernapasan. (nilai        yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,            Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli           lingkungan);
“  Karakter siswa yang diharapkan 
:  
§ 
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan. 
“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif  
:  
§ 
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
I.                  
Indikator Pencapaian Kompetensi
·        
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·        
Menjelaskan
proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia
·        
Membandingkan
volume dan kapasitas paru-paru
·        
Menjelaskan
proses pertukaran gas  
·        
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam
sistem pernapasan manusia
·        
Mengamati
sistem pernapasan pada  hewan vertebrata
·        
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.
II.               
Materi Ajar
·        
Organ-organ
dan fungsinya  pada sistem pernapasan
manusia meliputi: 
1.   Hidung
2.   Saluran
pernapasan
3.   Paru-paru
·        
Mekanisme  pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia
·        
Volume-volume
udara yang dipernapaskan
·        
Mekanisme
pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·        
Sistem
pernapasan  pada hewan vertebrata
·        
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia.
III.
Metode Pembelajaran
·        
Studi
membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan
Strategi Pembelajaran 
| 
Tatap Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·    
  Mengidentifikasi
  struktur dan fungsi pada sistem 
  pernapasan manusia 
·    
  Mengukur
  volume udara pernapasan 
·    
  Mengamati
  sistem respirasi ikan dan serangga | 
·    
  Membuat
  peta konsep sistem pernapasan manusia 
·    
  Mengidentifikasi
  komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia. 
·    
  Membedah
  hewan untuk diamati sistem pernapasan nya | 
·    
  Siswa
  dapat Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia 
·    
  Siswa
  dapat Menjelaskan proses  pernapasan
  yang terjadi pada  manusia 
·    
  Siswa
  dapat Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru 
·    
  Siswa
  dapat Menjelaskan proses pertukaran gas  | 
IV.
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan
pengertian bernapas.
B.  Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Dengan
memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Guru
meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian
mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Guru
meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan
mekanisme pernapasan perut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·        
Guru
meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru,
kemudian memintanya memperagakannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·        
Guru
memperagakan  mengukur kapasitas
paru-paru dengan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan
akhir (10 menit)
·        
Siswa
menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme
pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan  5 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (10 menit)
·        
Guru
menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·        
Guru
menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2
B.  Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Guru
meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari
baku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Guru
meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan
manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan
akhir 
·        
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon
dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (1 jam
pelajaran)
A.  Kegiatan
awal (5 menit)
·        
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·        
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B.  Kegiatan
inti (35 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·        
Siswa
membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, 
·        
Siswa
melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Siswa
melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Guru
meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·        
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·        
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
 C. Kegiatan akhir (5 menit)
·        
Siswa
bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.   
Alat /Bahan/Sumber
·        
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·        
Buku
Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII
·        
Ikan
dan kecoa
VI.            
Penilaian
·    Laporan hasil pengamatan sistem
perapasan hewan
            ·    Uji kompetensi tertulis
                                                                                              ...............,...................20....
Mengetahui
Kepala SMA                                                                        Guru
Mata Pelajaran
.............................................                                                 ............................................
NIP/NIK.                                                                             NIP/NIK.
