Soal Kap. Sel. Bio. SMA I (tugas akhir)


KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

1.      Jelaskan 3 macam sistem klasifikasi !
Jawab :
1)        Sistem klasifikasi alami yaitu sistem pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri morfologi, anatomi, dan fisiologinya.
2)        Sistem klasifikasi filogeni yaitu sistem pengelompokan makhluk hidup yang berdasarkan sejarah evolusi.
3)        Sistem klasifikasi buatan yaitu sistem pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri morfologi yang mudah dilihat secara fisik.
2.      Jelaskan proses perubahan pemikiran sehingga terjadi perkembangan klasifikasi enam kingdom !
Jawab :
Selama bertahun-tahun para biologiwan meneliti kelompok makhluk hidup yang disebut Archaebacteria. Archaebacteria memiliki ciri-ciri yang unik. Berbeda dengan bakteri dalam kingdom Monera. Pada tahun 1970an, seorang mikrobiologis bernama Carl Woese dan peneliti lain dari menemukan bahwa Archaebacteria berbeda dengan Eubacteria (bakteri). Ciri Archaebacteria lebih mendekati kepada organisme eukariot. Selanjutnya, pada tahun 1996 para ahli biologi sepakat memisahkan Eubacteria dan Archaebacteria. Archaebacteria merupakan nenek moyang makhluk hidup eukariot uniseluler. Dengan adanya Archaebacteria sebagai kingdom tersendiri, maka klasifikasi makhluk hidup menjadi berbentuk sistem enam kingdom yang terdiri dari Eubacteria, Archaebacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

3.      Sebutkan 4 manfaat dalam mempelajari klasifikasi ilmiah !
Jawab :
1)        Bermanfaat bagi orang-orang yang ingin mengetahui keanekaragaman hayati.
2)        Mengenal berbagai spesies makhluk hidup meliputi ciri-ciri makhluk hidup, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
3)        Menentukan habitat yang harus di pertahankan guna melindungi spesies langka.
4)        Pengenalan spesies penting yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.

Ditulis Oleh : Mochamad Saeffulloh // Minggu, Mei 29, 2011
Kategori: