Penelitian Di Baturraden Purwokerto

   Sebuah rencana TWSB (Temu Warga Studi Biologi) FKIP-Prodi Biologi Universitas Galuh Ciamis yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 oktober 2009 yang bertempat di Baturraden Purwokerto, yang tujuan utamanya yaitu melakukan penelitian flora dan fauna di Baturraden, akhirnya terlaksanakan sudah. Saya sendiri sebagai peserta TWSB yang wajib diikuti semua orang yang baru masuk, juga dapat mengikutinya dengan lancar. Berangkat dari Ciamis pukul 08.00 WIB dan sampai di Baturraden pukul 13.00 WIB. Banyak acara yang dilakukan panitia dan peserta, yang paling ditunggu tentunya melakukan penelitian flora dan fauna di kebun botani Baturraden. Ini merupakan langkah awal dalam melakukan pembuatan makalah di perkuliahan Universitas Galuh Ciamis.

   Pada hari ke-2 akhirnya penelitianpun dilakukan, saya berada dikelompok 14 bersama dengan teman-teman dari kelas yang lain. Kelompok 14 ditugaskan meneliti pohon Tanjung yang berada di Baturraden. Pohon tanjung sendiri merupakan sejenis pohon yang berasal dari India, Sri Langka dan Myanmar.

Klasifikasi pohon tanjung yang bernama ilmiah 'Mimusops Elengi' adalah sebagai berikut:
Kerajaan: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Mimusops
Spesies: Mimusops Elengi

   Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 5-15 meter, biasa di tanam disisi jalan dan taman-taman, warna bunganya putih kekuning-kuningan,