FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STADI PENDIDIKAN BIOLOGI
UJIAN
AKHIR SEMESTER GENAP
MATA
KULIAH          : MEDIA PEMBELAJARAN
SMTR/TK                     :
6 / REGULER/CG
DOSEN                       :
H. ADUN RUSYANA, DRS., M.Pd
KETENTUAN
:
1.     
JAWABAN DITULIS
TANGAN PADA KERTAS POLIO BERGARIS
2.   
JAWABAN
DIKUMPULKAN PADA WAKTU UAS DG DILAMPIRI KARTU INTERNAL
3.   
JIKA
DITEMUKAN ADA JAWABAN YANG SAMA, MAKA JAWABAN DIKASIH SKORT NOL (0)
4.   
JIKA
LEMBAR JAWABAN DIKUMPULKAN MELEBIHI TANGGAL WAKTU UAS MEDIA PEMBELAJARAN, MAKA
AKAN TERJADI PENGURANGAN SKOR NILAI
5.   
JAWABAN
DIKUMPULKAN KE PENGAWAS SESUAI DENGAN RUANGAN MASING-MASING.
1.      Kasus  1
Disebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP), kelas
VIII/semester I, dengan kondisi geografis di pedesaan, jaringan internet tidak
ada, rata-rata siswanya lulusan dari MI, nilai UN dan UAS untuk mata pelarana
IPA  MI adalah 70 dari target KKM 65,
ketika seorang  guru melakukan ujian/test
 untuk KD  Mendiskripsikan tahapan-tahapan perkembangan
pada Manusia, dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, dan diskusi, adapun
penyebaran nilai siswa adalah : 
| 
No | 
Nilai | 
Jlh siswa | 
KKM | |
| 
1 | 
70 | 
2 | 
65 | |
| 
2 | 
65 | 
10 | ||
| 
3 | 
60 | 
15 | ||
| 
4 | 
55 | 
5 | 
Pertanyaan:
a.     
Apakah
KKM-nya tercapai atau tidak, kemukakan alasannya 
b.     
Kira-kira
media apa yang tepat agar  KKM dapat
tercapai, jelaskan proses pembuatannya.
c.      
Kemukaan
kelebihan dan kelemahan media yang akan dibuat.
2.      Kasus
2
Disebuah Sekolah Menengah Atas (SMA)
Rintisan Bertarap Internasioanal (RSBI), kelas 
XI/semester 1, letak geografis di pusat kota, lingkungan sekolah
bersebrangan dengan mall, dunia fantasi, 
latar belakang orang tua siswa dari golongan menengah ke atas, sekolah
menargetkan untuk KKM Biologi 85, seorang guru melakukan test formatif untuk KD
Mengidentifikasi Organel sel Tumbuhan dan Hewan. Dengan  metode pembelajaran Ceramah dan  Bermain peran, Lalu diperoleh sebaran nilai
sebagai berikut :
| 
No | 
Nilai | 
Jlh siswa | 
KKM | 
| 
1 | 
90 | 
2 | 
85 | 
| 
2 | 
85 | 
15 | |
| 
3 | 
80 | 
20 | |
| 
4 | 
70 | 
5 | 
Pertanyaan:
a.     
Apakah  KKM-nya tercapai atau tidak, kemukakan
alasannya 
b.     
Kira-kira
media apa yang tepat agar KKM dapat tercapai 95%, jelaskan proses pembuatannya.
c.      
Kemukaan
kelebihan dan kelemahan media yang akan dibuat.
3.      Kasus
3
Disebuah Sekolah Menengah Atas (SMA)
Standar Nasional (SSN), kelas  XII/semester
1, letak geografis di kota, lingkungan sekolah bersebrangan dengan mini market,
latar belakang orang tua siswa dari golongan menengah ke bawah, sekolah
menargetkan untuk KKM Biologi 75, seorang guru melakukan test formatif untuk  KD  Menjelaskan konsep Gen, DNA dan Kromosom.
Dengan  metode pembelajaran Ceramah
dan  Bermain peran, Lalu diperoleh
sebaran nilai sebagai berikut :
| 
No | 
Nilai | 
Jlh siswa | 
KKM | 
| 
1 | 
75 | 
15 | 
75 | 
| 
2 | 
65 | 
10 | |
| 
3 | 
60 | 
5 | 
Pertanyaan:
a.     
Apakah
KKM-nya tercapai atau tidak, kemukakan alasannya 
b.     
Kira-kira
media apa yang tepat agar KKM dapat tercapai 95%, jelaskan proses pembuatannya.
c.      
Kemukaan
kelebihan dan kelemahan media yang akan dibuat.
