RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO
: ……………………………
SEKOLAH
|
:
|
………………………………
|
MAPEL
|
:
|
………………………………
|
KELAS
/SMT
|
:
|
………../…………...........
|
WAKTU
|
:
|
…………........................
|
A. STANDAR KOMPETENSI
1. ……………………………………………………………………………………………………..
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. …………………………………………………………………………………………………..
C. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
.........................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................
E. MATERI BELAJAR
1. Pertemuan 1
……………………………………………………………………………………………………..............................
F.
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
|
Metode
|
:
|
………………………………………………………………………
|
2.
|
Model Pembelajaran
|
:
|
………………………………………………………………………
|
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
…………………………………………………………………………………
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
|
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
b. Elaborasi
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
c. Konfirmasi
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
|
|
3.
|
Penutup :
……………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
|
H.
SUMBER BELAJAR
1. ……………………………………………………………………………….
2. ……………………………………………………………………………….
I. PENILAIAN
Indikator penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
............................................................
............................................................
............................................................
.........................................................
|
…………
…………
|
…………
…………
|
......................
......................
......................
......................
|
............................................................
............................................................
............................................................
.........................................................
|
…………
…………
|
…………
…………
|
......................
......................
......................
......................
|
Skor nilai : Skor perolehan x ………
Kunci Jawaban
:
No
|
Jawaban
|
Skor
nilai
|
1.
|
…………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
|
|
2.
|
…………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
|
|
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
Jumlah skor maksimal
|
Mengetahui,
Kepala ………………………
……………………………..
NIP.
Bogor, Juli 2010
Guru Mata pelajaran,
………………………………
NIP.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, meliputi:
1) Kegiatan pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru; .
a. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c. Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2) Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
c.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa
serta
antara
siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber
belajar lainnya.
d. Melibatkan siswa secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
e. Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Membiasakan siswa membaca
dan
menulis
yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
b. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain
untuk
memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis.
c. Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa
rasa takut.
d. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif
dan kolaboratif.
e.
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
f. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis
secara individual maupun
kelompok.
g. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
h. Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan.
i. Memfasilitasi siswa melakukan
kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan
dan
rasa
percaya
diri
siswa.
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan
balik
positif
dan
penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan,
isyarat,
maupun hadiah
terhadap keberhasilan siswa.
b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
c. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
(1) Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar.
(2) Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi. (3)
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan
(4) Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3) Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
d. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas
baik tugas individual
maupun kelompok
sesuai dengan hasil
belajar siswa.
e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.