SILABUS KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan Pendidikan : SMA / MA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas
/ Semester : XI
(Sebelas) / II
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan Struktur Dan Fungsi Organ Manusia
Dan Hewan Tertentu , Kelainan/Penyakit Yang Mungkin Terjadi Serta Implikasinya
Pada Salingtemas
Alokasi
Waktu : 34 X 45 Menit
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Sebagai Hasil Belajar |
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pernapasan pada manusia dan hewan (misalya burung)
|
·
Membuat peta konsep sistem pencernaan makanan manusia
·
Melakukan pengujian kandungan gizi pada bahan makanan
·
Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem
pencernaan makanan manusia.
·
Menggambar struktur sistem pencernaan makanan hewan
vertebrata
·
Membandingkan struktur sistem pencernaan makanan pada berbagai hewan vertebrata
·
Membuat peta konsep sistem pernapasan manusia
·
Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan
manusia.
·
Membedah hewan untuk diamati sistem pernapasan nya
·
Menggambar struktur sistem insang dan trakea
·
Mengukur volume udara pernapasan
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
· Zat gizi dan fungsinya
bagi manusia
· Cara menguji kandungan
zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
· Organ-organ pada sistem
pencernaan makanan manusia meliputi:
1. Saluran pencernaan:
mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar
2. Kelenjar pencernaan:
lambung, hati, pankreas, kelenjar usus
· Proses pencernaan yang
terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
· Sistem pencernaan pada
hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak)
· Brbagai gangguan atau
penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·
Organ-organ dan fungsinya pada sistem pernapasan manusia meliputi:
1. Hidung
2. Saluran pernapasan
3. Paru-paru
·
Mekanisme
pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia
·
Volume-volume udara yang dipernapaskan
·
Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·
Sistem pernapasan
pada hewan vertebrata
·
Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam
sistem pernapasan manusia
|
·
Praktek menguji makanan
·
Praktek tentang enzim dan kerja enzim
·
Mengidentifikasi sistem pencernaan makanan manusia
·
Mengamati sistem pencernaan makanan pada hewan
vertebrata
·
Mengidentifikasi struktur dan fungsi pada sistem pernapasan manusia
·
Mengukur volume udara pernapasan
·
Mengamati sistem respirasi ikan dan serangga
|
·
Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan
makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana
·
Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan
makanan dan fungsinya bagi tubuh
·
Menghubungkan
struktur dan fungsi organ-organ
dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·
Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada
organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
·
Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia
dengan menggunakan gambar.
·
Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan
pada hewan vertebrata
·
Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Menjelaskan proses
pernapasan yang terjadi pada
manusia
·
Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·
Menjelaskan proses pertukaran gas
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang
gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
·
Mengamati sistem pernapasan pada
hewan vertebrata
·
Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan
pada hewan vertebrata
|
· Jenis tagihan:
1.
Laporan praktikum pengamatan enzim
2.
Laporan praktikum uji makanan
3.
Uji kompetensi tertulis
· Instrumen penilaian:
1.Lembar penilaian laporan
praktikum
2.Soal uji kompetensi
tertulis
3.Uji kompetensi tertulis
· Jenis tagihan:
1.
Laporan praktikum pengamatan sistem pernapasan pada
ikan dan serangga
2.
Uji kompetensi tertulis
· Instrumen penilaia:
1.Lembar penilaian laporan
hasil praktikum
2.Soal uji kompetensi
tertulis
|
5 x 45 menit
5 x 45 menit
|
· Buku
kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis
· Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·
Beberapa bahan makanan
· Tabung reaksi
· Rak
tabung reaksi
· Pembakar spiritus
· Regen
biurat, iod, dan benedict
· Buku
kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis
· Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VII
· Ikan
dan kecoa
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|