RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan
struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang
mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem
pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Tujuan : Siswa
dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
terjadi pada sistem pencernaan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
I. Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Menentukan
kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan
sederhana
·
Mengidentifikasi
zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh.
·
Menghubungkan struktur dan
fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia
·
Menjelaskan
proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan
makanan manusia.
·
Menjelaskan
proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar
·
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata
II. Materi
Ajar
o
Zat
gizi dan fungsinya bagi manusia
o
Cara
menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
o
Organ-organ
pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:
1. Saluran pencernaan: mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar
2. Kelenjar pencernaan: lambung,
hati, pankreas, kelenjar usus
·
Proses
pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
·
Sistem
pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia
(memamah biak)
·
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi-Pengamatan-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Praktek
menguji makanan
·
Praktek
tentang enzim dan kerja enzim
·
Mengidentifikasi
sistem pencernaan makanan manusia
·
Mengamati
sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata
|
·
Membuat
peta konsep sistem pencernaan makanan
manusia
·
Melakukan
pengujian kandungan gizi pada bahan makanan
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·
Menggambar
struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata
·
Membandingkan
struktur sistem pencernaan makanan
pada berbagai hewan vertebrata
|
·
Siswa
dapat Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan
menggunakan uji makanan sederhana
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan
fungsinya bagi tubuh
·
Siswa
dapat Menghubungkan struktur dan fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan
makanan manusia.
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ
sistem pencernaan makanan manusia.
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan
menggunakan gambar.
·
Siswa
dapat Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan
vertebrata
|
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan
yang biasa dimakan siswa.
·
Siswa
mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan.
·
Guru menjelaskan
bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan Kegiatan 6.1. Tes
bahan makanan.
·
Guru
meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru mendemonstrasikan
pengujian dengan benedict, iod, dan biuret untuk reaksi positif yang
dihasilkan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
melakukan tes terhadap beberapa bahan makanan yang tersedia dengan tes
benedict, iod, dan biuret. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
mencatat hasil pengujian, kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat
dalam bahan makanan tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengembalikan alat dan bahan yang digunakan dan membersihkan meja kerja. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan
fungsinya bagi tubuh. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil praktek. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3.
·
Siswa
mengambil alat dan bahan praktikum.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab
pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
·
Dengan
diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang
terjadi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan
makanan manusia.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 3 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem
pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel
perbandingan.
B. Kegiatan
inti (35 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada
hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada
hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Dengan
diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta
mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem
pencernaan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan
vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan
manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
IV. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono Ps , Esis
·
Buku
Biologi jilid XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·
Beberapa
bahan makanan
·
Tabung
reaksi
·
Rak
tabung reaksi
·
Pembakar
spiritus
·
Regen
biuret, iod, dan benedict
V. Penilaian
· Laporan
hasil praktik uji makanan
· Laporan
hasil praktik enzim dan kerja enzim
· Uji
kompetensi tertulis
...............,...................20....
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
............................................. ............................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan
struktur dan fungsi organ manusia dan
hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada
Salingtemas
Kompetensi Dasar :3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung)
Tujuan : Siswa
dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem
pernapasan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Menjelaskan
proses pernapasan yang terjadi pada manusia
·
Membandingkan
volume dan kapasitas paru-paru
·
Menjelaskan
proses pertukaran gas
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam
sistem pernapasan manusia
·
Mengamati
sistem pernapasan pada hewan vertebrata
·
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.
II.
Materi Ajar
·
Organ-organ
dan fungsinya pada sistem pernapasan
manusia meliputi:
1. Hidung
2. Saluran
pernapasan
3. Paru-paru
·
Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia
·
Volume-volume
udara yang dipernapaskan
·
Mekanisme
pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·
Sistem
pernapasan pada hewan vertebrata
·
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia.
III.
Metode Pembelajaran
·
Studi
membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi pada sistem
pernapasan manusia
·
Mengukur
volume udara pernapasan
·
Mengamati
sistem respirasi ikan dan serangga
|
·
Membuat
peta konsep sistem pernapasan manusia
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia.
·
Membedah
hewan untuk diamati sistem pernapasan nya
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pernapasan
yang terjadi pada manusia
·
Siswa
dapat Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pertukaran gas
|
IV.
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan
pengertian bernapas.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian
mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan
mekanisme pernapasan perut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru,
kemudian memintanya memperagakannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
memperagakan mengukur kapasitas
paru-paru dengan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme
pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·
Guru
menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari
baku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan
manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon
dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B. Kegiatan
inti (35 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII
·
Ikan
dan kecoa
VI.
Penilaian
· Laporan hasil pengamatan sistem
perapasan hewan
· Uji kompetensi tertulis
...............,...................20....
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
............................................. ............................................
NIP/NIK. NIP/NIK.