UAS MEDIA PEMBELAJARAN


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STADI PENDIDIKAN BIOLOGI
UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP

MATA KULIAH          : MEDIA PEMBELAJARAN
SMTR/TK                     : 6 / REGULER/CG
DOSEN                       : H. ADUN RUSYANA, DRS., M.Pd
                           ROMDAH ROMANSYAH, S.Pd., M.Pd
KETENTUAN :
1.      JAWABAN DITULIS TANGAN PADA KERTAS POLIO BERGARIS
2.    JAWABAN DIKUMPULKAN PADA WAKTU UAS DG DILAMPIRI KARTU INTERNAL
3.    JIKA DITEMUKAN ADA JAWABAN YANG SAMA, MAKA JAWABAN DIKASIH SKORT NOL (0)
4.    JIKA LEMBAR JAWABAN DIKUMPULKAN MELEBIHI TANGGAL WAKTU UAS MEDIA PEMBELAJARAN, MAKA AKAN TERJADI PENGURANGAN SKOR NILAI
5.    JAWABAN DIKUMPULKAN KE PENGAWAS SESUAI DENGAN RUANGAN MASING-MASING.

1.      Kasus  1
Disebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP), kelas VIII/semester I, dengan kondisi geografis di pedesaan, jaringan internet tidak ada, rata-rata siswanya lulusan dari MI, nilai UN dan UAS untuk mata pelarana IPA  MI adalah 70 dari target KKM 65, ketika seorang  guru melakukan ujian/test  untuk KD  Mendiskripsikan tahapan-tahapan perkembangan pada Manusia, dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, dan diskusi, adapun penyebaran nilai siswa adalah :

No
Nilai
Jlh siswa
KKM

1
70
2
65
2
65
10
3
60
15
4
55
5

Pertanyaan:
a.      Apakah KKM-nya tercapai atau tidak, kemukakan alasannya
b.      Kira-kira media apa yang tepat agar  KKM dapat tercapai, jelaskan proses pembuatannya.
c.       Kemukaan kelebihan dan kelemahan media yang akan dibuat.

2.      Kasus 2
Disebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) Rintisan Bertarap Internasioanal (RSBI), kelas  XI/semester 1, letak geografis di pusat kota, lingkungan sekolah bersebrangan dengan mall, dunia fantasi,  latar belakang orang tua siswa dari golongan menengah ke atas, sekolah menargetkan untuk KKM Biologi 85, seorang guru melakukan test formatif untuk KD Mengidentifikasi Organel sel Tumbuhan dan Hewan. Dengan  metode pembelajaran Ceramah dan  Bermain peran, Lalu diperoleh sebaran nilai sebagai berikut :

No
Nilai
Jlh siswa
KKM
1
90
2
85
2
85
15
3
80
20
4
70
5

Pertanyaan:
a.      Apakah  KKM-nya tercapai atau tidak, kemukakan alasannya
b.      Kira-kira media apa yang tepat agar KKM dapat tercapai 95%, jelaskan proses pembuatannya.
c.       Kemukaan kelebihan dan kelemahan media yang akan dibuat.



3.      Kasus 3
Disebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) Standar Nasional (SSN), kelas  XII/semester 1, letak geografis di kota, lingkungan sekolah bersebrangan dengan mini market, latar belakang orang tua siswa dari golongan menengah ke bawah, sekolah menargetkan untuk KKM Biologi 75, seorang guru melakukan test formatif untuk  KD  Menjelaskan konsep Gen, DNA dan Kromosom. Dengan  metode pembelajaran Ceramah dan  Bermain peran, Lalu diperoleh sebaran nilai sebagai berikut :

No
Nilai
Jlh siswa
KKM
1
75
15
75
2
65
10
3
60
5

Pertanyaan:
a.      Apakah KKM-nya tercapai atau tidak, kemukakan alasannya
b.      Kira-kira media apa yang tepat agar KKM dapat tercapai 95%, jelaskan proses pembuatannya.
c.       Kemukaan kelebihan dan kelemahan media yang akan dibuat.