A. Latar Belakang
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam ) berkaitan dengan cara mencari tahu ( inquiry )
tentang fenomena alam secara sistematis, sehingga bukan hanya sebagai
penguasaan kumpulan pengetahuan yg berupa fakta,konsep2,atau prinsip2 saja.
Akan tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA termasuk
biologi di sekolah diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari
diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di kehidupan sehari-hari.
Pendidikan biologi menekankan pada
pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan biologi diarahkan
untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa memperoleh
pemahaman yg lebih mendalam tentang diri dan alam sekitarnya. Biologi sbg salah
satu cabang ipa menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep
dan proses sains. Ketrampilan proses ini meliputi ketrampilan: mengamati,
mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dg
selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan,
menggolongkan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan baik secara
lisan maupun tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yg relevan untuk
menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. Mata pelajaran
biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif
untuk menyelesaikan masalah yg berkaitan dengan peristiwa alam sekitar.
Penyelesaian masalah yg bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan
menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan
pendukung lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran biologi bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sbb:
1. Membentuk sikap positip terhadap biologi dengan menyadari keteraturan
dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa,
2. Memupuk sikap ilmiah, yaitu: jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis, dan
dapat bekerjasama dengan orang lain,
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis
melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaannya secara lisan dan
tertulis,
4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan
menggunakan konsep dan prinsip biologi,
5. Mengembangkan penguasaan konsep , prinsip dan saling keterkaitannya
dengan ipa lainnya serta mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap
percaya diri,
6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi
sederhana berkaitan dg kebutuhan manusia,
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian
lingkungan.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran biologi di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/ MTS yg
menekankan pada fenomena alam dan penerapannya meliputi aspek-aspek sbb:
1. Hakekat biologi, keanekaragaman hayati dan klasifikasi mahluk hidup,
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia
dalam keseimbangan ekosistem,
2. Organisasi seluler , struktur jaringan, struktur dan fungsi organ
tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains,
lingkungan, teknologi dan masyarakat,
3. Proses yg terjadi pada tumbuhan, metabolisme, hereditas, evolusi,
bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.